Tipe-Tipe PLC Panasonic

PLC Panasonic

Pictiure credit: https://www3.panasonic.biz/ac/ae/fasys/plc/plc/fp0r/index.jsp

Ada berbagai produk Panasonic PLC di pasaran saat ini. Produk-produk Panasonic PLC ini memiliki kekuatan, kecepatan, dan fleksibilitas yang dibutuhkan dalam setiap proses otomatisasi. Panasonic menawarkan beberapa tipe PLC yang diantaranya adalah FPO, FP2, dan FP Sigma.

FPO PLC

FPO PLC merupakan PLC dengan desain sangat kecil (ultra-small) dan ramping sehingga memberikan keleluasaan instalasi karena tidak memerlukan ruang yang besar. Produk ini dilengkapi dengan 32 I/O poin dan 3 unit ekspansi. Dengan 32 I/O, maka perangkat dapat menampung hingga 128 I/O yang merupakan jumlah maksimum yang diijinkan dari I/O poin. Produk ini setiap unitnya berukuran 25 X 90 X 70 mm (WxHxL), yang memungkinkan perusahaan untuk menghemat ruang dan uang.

FPO PLC dilengkapi hingga 16 loop PID dan auto tuning. Sistem ini mencakup floating-point matematika untuk perhitungan PID, dan cenderung lebih akurat daripada teknik bilangan bulat PID. FPO PLC dilengkapi dengan kemampuan untuk berkomunikasi melalui jaringan dan internet, serta dapat mengirim email tanpa melalui FPWebServer. Fitur lain dari FPO PLC adalah: Run time editing, Removable terminals, 1ms resolution timers, 4 high speed counters, 2 Axis Motion Control, Calendar time clock, and 2 Serial Ports.

FP2SH PLC

Panasonic PLC tipe ini merupakan PLC skala menengah dengan tinggi kurang dari 4 inch. Perangkat ini sebagai pengontrol gerakan yang direkayasa dengan kemampuan untuk mengendalikan hingga 64 sumbu, dengan output 1 MHz pulsa, atau 256 jaringan sumbu servo. Selain itu FP2SH PLC memiliki kemampuan respon kurang dari 0,1ms dan dalam 1 ms mampu melakukan scanning program sebanyak 20K step.

Panasonic FP2SH PLC memiliki kemampuan untuk mendukung empat jenis jaringan, yaitu Remote I/O, MEWNET, Profibus-DP, dan Ethernet. Untuk memprogram PLC ini menggunakan software FPWIN-GR dan FPWIN-PRO yang mendukung pemrograman berorientasi obyek.

Fitur penting lainnya terkait dengan FP2SH PLC adalah; Run time editing, Universal analog input, PID with auto tuning, floating-point math, Removable terminals, and High density I/O.

Panasonic PLC FPΣ

Panasonic PLC FPΣ merupakan PLC skala menengah dengan ukuran yang kecil. PLC ini terintegrasi dengan prosesor RISC yang dapat mencapai hingga 0,32 usec/instruksi. PLC FPΣ memiliki kemampuan untuk mendukung hingga tiga port serial yang dapat dikonfigurasi untuk Modbus RTU. Panasonic PLC FPΣ juga dapat mendukung PLC ke PLC jaringan dan Mewtocol.

Fitur kunci lain dari Panasonic PLC FPΣ meliputi; mudah melakukan instruksi PID dengan kemampuan yang mendukung hingga 24 loop. PLC ini dilengkapi dengan 4-Saluran built-in counter berkecepatan tinggi, 3 port serial, 50ms interrupt throughput, komunikasi Modbus RTU Master/Slave, dan kontrol suhu yang canggih.

Software Programming Panasonic PLC

Untuk memprogram Panasonic PLC di atas bisa menggunakan software FPWINPRO6-SMALL yang mampu support untuk PLC Panasonic tipe FP-e, FP0, FPsigma, FP-X. Atau untuk yang lebih lengkap bisa menggunakan software FPWINPRO6-FULL, Control FPWIN Pro 6 full version yang support untuk semua Panasonci PLC FP series.

Operating system yang digunakan untuk software programming PLC Panasonic baik yang FPWINPRO6-SMALL dan FPWINPRO6-FULL adalah Windows 2000, Windows XP, and Windows Vista.